tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Kamis, 20 Maret 2014

Penangkar Jalak Bali Klaten : Pasar Gunungan, Tempat Belanja Burung Murah


Suara kicauan burung yang bersahut-sahutan menyapa Solopos.comkala menginjakkan kaki di Pasar Gunungan yang berlokasi di Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara,  Kabupaten Klaten, akhir pekan kemarin.
Pasar tradisional seluas 2.055 meter2 itu berlokasi di tengah Kota Klaten. Kendati berada di pusat kota, lokasi Pasar Gunungan sedikit tersembunyi. Lokasi pasar yang dihuni puluhan pedagang itu tertutup oleh deretan bangunan pertokoan di Jl Veteran. Untuk menemukannya, seseorang harus melintasi gang jalan tepatnya di depan Kantor Bank Klaten.
Ratusan burung dalam sangkar tergantung pada atap los pasar yang memanjang. Aneka jenis burung dijajakkan pedagang di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Bersinar ini. Harga burung di pasar ini relatif murah. Burung jalak suren misalnya dijual sekitar Rp300.000.
Khusus love bird dijual dengan harga sekitar Rp400.000/ekor untuk usia tiga hingga empat bulan. Khusus love bird dewasa jenis lutino bisa dijual hingga Rp2,5 juta. Di pasar ini juga dijual burung jenis parkit. Satu ekor burung ini dijual relatif murah yakni sekitar Rp40.000.
“Harga burung di sini bisa lebih murah lagi setelah terjadi tawar menawar. Bagi yang pintar menawar tentu bisa mendapatkan burung dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Paiman salah seorang pedagang setempat asal Kelurahan Gergunung.
Selain burung, pasar ini juga menjajakkan komoditas sepeda. Aneka jenis sepeda dapat ditemukan di pasar ini. Mulai dari sepeda model kuno, sepeda gunung, sepeda lipat, dan sepeda anak-anak dijual dengan harga yang relatif miring.
Sebagian besar sepeda yang dijual di Pasar Gunungan memang sudah bekas. Kendati demikian, kualitas sepeda angin ini tidak diragukan. Pengunjung bisa memilih sendiri jenis sepeda bekas yang akan dibelinya.
“Kalau sepeda gunung dijual mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000 tergantung jenis dan kondisinya. Kalau jenis sepeda jengki lebih murah lagi, berkisar antara Rp150.000 hingga Rp300.000 tergantung jenis dan kondisinya. Harga itu masih bisa ditawar lagi,” tambah Slamet pedagang lainnya.
SMBER : SOLO POS

Tidak ada komentar: