tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Jumat, 25 Agustus 2017

Jalak Bali Burung Yang Cantik Sekali



Dunia ini dihiasi dengan berbagai spesies burung cantik. Jumlah mereka banyak sekali. Di Indonesia saja ada puluhan spesies. Sekedar menyebut beberapa di antaranya seperti burung cendrawasih, kakak tua raja, jalak bali, merak dan lain-lain.

Burung cendrawasih memang memiliki bulu dan ekor yang indah, mungkin terindah di dunia. Tak jarang ini disebut dengan burung dari surga. Ekor warna putih dan kuning berukuran panjang dan sangat indah. Habitat burung ini bisa kita temukan di New Guinea dan Kepulauan Aru di Indonesia.

Kakak tua raja memiliki warna biru gelap. Di kepalanya tumbuh  jambul yang menjulang panjang ke atas yang menjadi ciri khas dari burung ini.  Habitat burung kakatua raja bisa di temui di Nusa Tenggara, Sulawesi Lombok dan Sumbawa. Yang hebat, burung kakak tua raja di perkirakan bisa bertahan hidup seumur manusia yaitu bisa sampai usia 60 tahun lebih. Wouow . . .

Tak kalah cantiknya adalah burung merak. Kita pasti mengakui bahwa burung merak adalah salah satu jenis burung tercantik di dunia. Tubuhnya berwarna biru dengan  ekor yang panjang berwarna-warni sangat mempesona. Panjang ekornya bisa tumbuh hingga 5 kaki atau sekitar 1,5 meter. Tidak hanya di Indonesia, burung ini bahkan tersebar di seluruh dunia, terutama di India dan Kongo.

Sebagian Burung-Burung Jalak Bali Hasil Penangkaran Pak Syam Klaten


Berikutnya adalah burung jalak bali. Burung yang berstatus dilindungi Undang-Undang dan Apendix II karena kondisinya yang hampir punah ini juga memiliki kecantikan yang luar biasa. 

Seluruh tubuhnya berwarna biru, yang ditutupi dengan bulu yang berwarna putih seperti kapas, yang di hiasi dengan warna hitam di ujung sayap dan ujung ekor. Warna hitam diujung sayap dan ujung ekor ini menjadikan penampakan burung canti ini tambah mempesona.

Ngoceh sambil menari, kepalanya manggut-manggut, jambulnya tegak menjadi tampilannya tambah gagah.

Dan kabar gembiranya, berbeda dengan kebanyakan burung cantik lainnya, burung jalak bali sudah berhasil dibudidayakan oleh masyarakat. Salah satu contohnya adalah budi daya yang dilakukan oleh Pak Syam Klaten.

Pak Syam Klaten melalui UD AHA Breeding telah berhasil menangkarkan burung jalak bali. Sudah ratusan ekor anakan burung jalak bali yang di hasilkan dari farmnya yang berada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Bagi peminat burung yang ingin menangkarkan atau sekedar membeli untuk memenuhi hobinya, pak Syam menyediakan bibitnya. Bibit burung jalak bali yang dihasilkan dari farmnya Pak Syam Klaten dilengkapi denan sertifikat dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. 

Dengan telah dilengkapinya dengan sertifikat dari BKSDA tersebut berarti burungnya sudah legal untuk diperjual-belikan. Sudah syah untuk dipelihara sebagai ocean sekaligus syah untuk dipelihara untuk diternakkan. Sudah aman karena sudah disyahkan (sertifikat) oleh lembaga yang berwenang yaitu BKSDA Jawa Tengah.

Selamat menikmati ocean dan tarian burung jalak bali, burung cantik asli Indonesia . . .

Kamis, 30 Maret 2017

Budi Daya Burung Jalak Bali Itu Sederhana, Pakai Ribetnya Dikit Aja Kok



Banyak orang yang menyangka bahwa membudidayakan burung itu ribet. Susah ngurusnya, mesti telaten, begitu kata mereka. Budi daya burung menjadi repot karena tiap hari harus ngurusi burung, memandikan, memberi pakan dan minum indukan nyuapi anakannya dan lain-lain. Ribetlah pokoknya.

Apa lagi jika yang kita budidayakan adalah burung yang dilindungi Undang-Undang, maka ribetnya tikel-tekuk alias berlipat-lipat. Ribetnya gak hanya soal teknik budidaya dan merawat burung, tapi juga terkait dengan status burung yang terkiat dengan legalitas burungnya. Karena untuk membudidayakan satwa yang dilindungi Undang-Undang, harus pakai ijin segala. Tambah ribet to ?

 E e e  . . . tunggu dulu, ternyata ribetnya budidaya burung seperti di atas, hanyalah cerita sebagian orang. Dan kalau ditelusuri mungkin malah banyak diantara orang-orang yang bercerita tersebut  yang belum pernah terjun dalam budi daya itu sendiri. Istilahnya omdo lah ya . . .

Karena kenyataannya bagi orang yang sudah menerjumi bidang budidaya, membudidayakan burung itu pekerjaan enteng kok. Apalagi jika aktivitas budi dayanya dilandasi dengan hobi atau minimal rasa suka, maka akan terasa enteng. Kalau dilandasi hobi alias rasa suka maka budi daya burung itu malah gak sekedar enteng . . . tapi enteng bangeettt karena menyenangkan. Jadinya sudahlah enteng, menyenangkan menghasilkan uang pula . . . mantap to ?

Caranya budidaya gimana, di mulai dari mana gitu maksudnya ? Tenang aja ada pak Syam kok. Pak Syam tukang burung yang sudah lama bergelut dengan kandang budi daya jalak bali. Berikut ini panduan singkat dari pak Syam tukang burung jalak bali Klaten ya.

Pertama beli bibitnya, yaitu beli anakan burung jalak bali. Usahakan belinya pasangan, yaitu yang menurut prediksi penangkarnya jantan dan betina. Kalau membeli ke penangkar yang membudidayakan burung jalak bali biasanya kita bisa minta yang sudah berpasangan. Atau calon berjodoh. Tapi kalau belinya di pedagang atau tengkulak, biasanya kita tidak bisa pesan seperti itu. Karena dia jualnya ya sesuai stok dia, beda dengan beli langsung pada penangkarnya, dia bisa memprediksikan jantan dan betina sampai tingkat ketepatannya 95% lah. 

Kalau mau akurat lagi sih memakai tes DNA, Cuma katanya tes DNA agak rumit dan biayanya agak mahal, tapi hasilnya katanya cukup akurat.
Kedua bikinlah kandang budi dayanya. Caranya ? Cari saja pak Tukang, terus mintalah di bikinkan kandang untuk budi daya burung jalak bali. Ukuran berapa dan bentuknya seperti apa ? 

Gampang itu . . . datang saja ke penangkarannya pak Syam. Lihat-lihat kandangnya . . . foto-foto kalau perlu sambil selvy. . . terus ceritakan sama pak tukangnya sekaligus tunjukin foto-foto  kandang tadi kepada pak tukang. Beres deh. 

Biasanya dengan mendengar cerita kita dan melihat foto, pak tukang sudah faham. Setelah itu dia akan membikinkan kandang budi daya jalak bali yang mirip dengan contohnya. Gampang to ?

Ketiga rawat burunya dengan baik. Perawatan ini terkait dengan makanan, minuman, dan keperluan mandi si burung. Mandinya apaki sabun sampo dan anduk ? Gak usah . . .

Pakannya vor, jangkrik dan pisang kepok. Minumnya air putih, karena dia gak doyan es teh atau fanta. Makanya minumnya cukup air putih. Bahkan air mentah yang kita ambil dari kran, dia sudah seneng sekali. 

Terus untuk mandinya, sediakan bak mandi, terus isi dengan air kran. Berikan makan, minum dan mandi setiap pagi. Mandinya apa perlu pakai gosok gigi pak Syam ? Gak usah . . . karena dia gak punya gigi to ? he he he . . .



Gitu saja kok budi daya burung jalak bali itu. Simple to ? Selanjutnya tinggal nunggu rejeki datang. Rejeki itu berupa telur, terus telurnya netes jadi piyik, terus piyiknya jadi gede, terus setelah gede bisa makan sendiri dan terbang-terbang kian kemari itu tandanya anak burung sudah siap dijual, setelah itu dapat duit. Gitu saja, simple to budi daya burung jalak bali itu ?  Selamat mempraktekkan. Salam Kicau . . . ( Pak Syam penangkar burung jalak bali Klaten, HP. 081280543060 )






Kamis, 05 Januari 2017

Membeli, Merawat dan Menangkarkan Burung Jalak Bali ( Tenang Aja Ada Pak Syam Klaten )



Apakah penjenengan ingin membeli burung jalak bali untuk mengisi beranda rumah sebagai klangenan sekaligus menyalurkan hobi ? Atau penjenengan pingin tahu bagaimana cara merawat burung jalak bali biar tampil cantik mempesona menyala-nyala bagai burung para bidadari surga ? Atau mau menangkarkan burung jalak bali agar menjadi wirausahawan perburungan sampai menjadi miliarder kayak orang-orang kaya di kota itu ?

Gampang itu. Kalau penjenengan ketemu pak Syam Klaten,  insya Allah semuanya beyes . . . eh beres maksud saya. Semua pertanyaan kalau dihadapkan pada pak Syam ini pasti ada jawabannya. Cuma jawabannya bener apa nggak itu urusan nanti . . . sebagaimana setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya. Iya toh ? Cuma masalahnya jalan keluar itu mengarah ke kota atau ke jurang ? Wah itu dia yang gak dijamin ... he ... he ... he ... 

Tapi setidaknya jika mengingat bahwa Pak Syam itu seorang penangkar burung jalak bali nDeso yang sudah lama menangkar, ya minimal gak ngawur-ngawur bangetlah. Kan sudah ada pengalaman menangkar. Iya to ? Itulah pentingnya punya pengalaman.

Konon kata para pinisepuh pengalaman adalah guru yang terbaik. Cuma sayangnya pengalaman hanya memberikan pelajaran setelah kita mengalami, atau malah pelajaran itu kadang diberikan setelah kita jatuh. Setelah kita bonyok berdarah-darah, kita baru diberinya ibroh atau hikmah. Waduh repot ya ?

Okelah kalau begitu kita balik maning nang urusan burung jalak bali. Berarti kalau kita ingin membeli burung jalak bali, atau ingin belajar cara memelihara burung jalak bali, atau ingin menangkarkan atau beternak burung jalak bali, berarti bisa menghubungi pak Syam Klaten ? Iya betul !

Terus nyarinya pak Syam di mana ? 
La kok ndadak nyari-nyari barang, apa pak Syam dikiranya sedang ndelik gitu ?

Nyari pak Syam itu gampang kok. Cari saja di warung Mie Ayam dan Bakso LEGENDA Klaten. Paling pak Syam lagi nongkrong di warung itu. Tapi harinya Sabtu ya . . . atau Minggu. Sabtu dan Minggu adalah hari burung dan hari nongkrong pak Syam di warung mie ayam LEGENDA Klaten.

Lah warungnya ada di mana ? 
Lah kok di mana . . . ya di Klaten lah.

Iya Klaten itu kan luas. Maksudnya alamatnya di mana ? Nama jalannya apa, masuknya kelurahan mana atau dekat dengan bangunan apa gitu. Biar gampang nyarinya.

Halah kok repot-repot ndadak nyari-nyari barang. Itu jadoel, jaman doeloe. Kalau jaman kiwari ya ndak sah nyari-nyari gitu itu to.

Kalau ndak nyari-nyari la trus gimana mau ketemu pak Syam ?

Ya nyarilah ... tapi ndak sah pakai alamat-alamat gitu. Cari saja di internet. Ketik “mie ayam dan bakso legenda klaten” enter jreeengg . . . ketemu . . . . iyo to ?

Ketemu pak Syam gampang to ... asalkan harinya Sabtu atau Minggu. Nyari warung mie ayam legenda Klaten itu, juga gampang kok. Warungnya ada di dekat bunderan Proliman Bramen Kelurahan Sekar Suli Klaten Utara. Letaknya strategis karena berada di Ring Road Barat Kota Klaten yaitu di jalan Mayor Kusmanto. Adanya sekitar 10 meter sebelah timur patung Pendawa Lima bunderan Proliman Bramen.

Pokoknya gini saja, pertama cari bunderan Proliman Bramen yang ada patung pendowo limo itu. Kalau sudah sampai di situ terus ambil arah ke timur, sekitar 20 meter sebelah selatan jalan atau sebelah kanan kita. Cari papan nama “Warung Mie Ayam dan Bakso LEGENDA Klaten”. Nah kalau hari Sabtu atau Minggu pak Syam sukanya nongkrong di situ. Tukang mie ayamnya sudah apal . . .

Kalau tidak ada di situ ? Ya nunggu saja di situ sambil makan mie ayam LEGENDA Klaten yang mak nyus itu. Atau makan bakso sambil minum es teh. Nanti lak datang.

Ngomong-ngomong tentang burung jalak bali. Banyak orang yang ingin membeli burung jalak bali tapi mereka sering ragu-ragu. Apa iya burung jalak bali boleh diperjual belikan. Bukannya burung jalak bali itu dilindungi Undang-Undang. Nanti kalau beli gek disita sama polisi hutan, gimana dong ???

Atau ada yang nekat kayak orang-orang para penghobi berat itu. Mereka para penghobi burung itu mengoleksi burung jalak bali dengan disembunyikan, biar tidak ketahuan polisi hutan. Sebab kalau ketahuan polisi hutan burung kita bisa di sita dan kita ditahan sebagai pesakitan. Weleh gawat ya ?

Tapi apakah bener memang begitu, burung jalak bali kita bakal disita sama petugas ? Ternyata nggak begitu. Itu semua salah sodara-sodara . . . saya ulangi . . .salah sodara-sodara

Memang benar bahwa burung jalak bali termasuk satwa yang dilindungi Undang-Undang. Tapi dengan status dilindungi Undang-Undang ini bukan berarti kita tidak bisa memelihara ya. Bisa kok . . . tapi syarat dan ketentuan berlaku. Apa itu syarat dan ketentuannya ?

Gini ya. Jika kita ingin mengoleksi burung jalak bali, maka belilah burung jalak bali yang memiliki sertifikat. Belilah burung jalak bali dari hasil penangkaran yang memiliki ijin penangkaran. Kalau penangkarannya memiliki ijin, maka hasil penangkarannya bersertifikat. Kalau burungnya bersertifikat resmi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) maka burung tersebut aman untuk di koleksi. Gitu . . . faham kan ?

Pingin beli burung jalak bali yang bersertifikat resmi dari BKSDA ya hubungi saja pak Syam di warung Mie Ayam dan Bakso LEGENDA Klaten itu tadi. Insya Allah di jamin aman dan lancar . . .

Terus perawatan si burung cantik ini ribet gak ? Kan kalau merawat istri yang cantik itu ribet, mesti sering-sering ke salon, luluran, potong rambut, manycure, padycure, jamunya beras kencur sampai sakit perut muntah-muntah masur-masur . . . Ribet to ?

Merawat burung jalak bali gak pakai ribet kayak ngurus istri itu. Kalau menangkarkan atau beternak burung jalak bali apa juga gak pakai ribet ? Ya... agak pakai ribet-ribet dikit sih. Tapi kalau dibandingkan hasil penangkarannya ya gak jadi ribet. Kalau sudah ada hasilnya malah ngguya-ngguyu alias pringas-pringis . . . ilang deh ribetnya he ... he ... he ...

Jadi bener nih untuk urusan membeli, memelihara, merawat atau menangkarkan burung jalak bali bisa tanya-tanya ke pak Syam ? Insya Allah semampunya akan direspon . . . alhamdulillah. (Pak Syam Hp. 0812.8054.3060)