tulisan berjalan

Kontak Om Breeder (Pak Syam) WA 081280543060

Minggu, 01 Juni 2014

Penangkar Jalak Bali Klaten : Ukuran Kandang Penangkaran Burung Jalak Bali

Oleh : Pak Syam, Penangkar burung Jalak Bali Klaten
Hp. 081280543060, 087877486516, WA. 081280543060, Pin BB. 53E70502, 25D600E9

Bagi sebagian penangkar burung jalak bali, ukuran besarnya kandang penangkaran kadang menjadi persoalan yang dianggap cukup rumit. Ukuran kandang penangkaran ini menjadi tema yang cukup ramai di kalangan penangkar karena adanya keyakinan bahwa keberhasilan sebuah penangkaran sangat dipengaruhi oleh faktor kandang. Baik yang menyangkut letak kandang, suasana dalam kandang maupun di lingkungan sekitar serta ukurannya. Berkaitan dengan besarnya kandang, berapa sih ukuran idealnya sebuah kandang penangkaran burung jalak bali ?

Sepanjang pengamatan saya terhadap beberapa kandang yang sempat saya kunjungi saya menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada ukuran kandang yang baku. Tidak ada patokan yang resmi bahwa ukuran kandang harus sekian kali sekian, tingginya harus sekian.

Saya pernah melihat ada seorang penangkar yang memiliki ukuran kandang dengan lebar depan 1 m, panjang ke dalam 1m dan tinggi kandang 2  Dalam kandang ini, burungnya bisa produksi dengan baik.


Lain lagi dengan penangkaran milik teman saya. Dia menangkarkan burung jalak bali dalam sebuah kandang yang berukuran lebar depan 1,25 m panjang ke dalam 1,5 m tinggi 2m, namun burungnya tidak produktif, bahkan sampai pekan lalu saya bertandang ke penangkarannya, burung jalak balinya belum jua mau bertelur. Padahal dia menekuni peangkaran burung jalak bali lebih dari tiga tahun.

Suatu kali saya mendatangi penangkaran burung jalak bali dari seorang penangkar yang saya anggap cukup senior. Ukuran kandang milik beliau ini cukup besar. Lebar depan 1m, panjang ke dalam 4m tinggi kandang 4m. Produktifitas penangkarannya cukup bagus. Dengan melihat kandang tersebut saya jadi terinspirasi untuk menirunya.

Ada lagi pengalaman menarik dari teman saya. Dia tertarik dengan pemaparan yang disampaikan oleh seorang penangkar bahwa sang penangkar sedang membuat proyek penangkaran di sebuah lahan yang cukup luas. Karena lahan tersedia dengan cukup luas maka dia membuat kandang dengan ukuran yang besar. Setiap kandang berukuran 4m x 4m dengan tinggi 4m. Suasana kandang dibikin sealami mungkin, dengan memberikan pepohonan, pancuran air serta cahaya matahari yang melimpah.

Karena tertarik dengan proyek tersebut maka teman saya tadi “menyerahkan” beberapa pasang burung jalak bali miliknya untuk ditangkarkan di penangkaran yang mewah itu. Bagaimana hasilnya ? Tahun ini sudah memasuki tahun ke tiga atau bahkan ke empat, tapi ternyata dia belum bisa menikmati hasilnya, karena tak satupun burung di kandang mewah tersebut yang mau bertelur.

Atas dasar pengalaman dan cerita dari beberapa rekan penangkar akhirnya saya berkesimpulan bahwa ukuran kandang bagi penangkaran burung jalak bali tidak memiliki ukuran yang baku. Namun begitu saya secara pribadi memiliki ukuran minimal yang harus dipenuhi saat membangun kandang penangkaran burung jalak bali. Saya menetapkan kandang untuk penangkaran saya sendiri dengan ukuran minimal; lebar depan 1m panjang ke dalam 1,5 m dan tingginya 2m. Dari mana saya menetapkan ukuran minimal ini ?

Ukuran minimal kandang penangkaran burung jalak bali ini saya peroleh dari pengalaman saya pribadi. Begini ceritanya. Pada awalnya saya membuat kandang untuk menangkarkan burung cucak rawa. Karena keterbatasan lahan saya membuat empat kandang dengan ukuran masing-masing kandang lebar depan 0,9 m panjang ke dalam 1,6 m dan tinggi sekitar 3m. Dari kandang ini ternyata burung cucak rawa saya tidak mau berproduksi.

Karena penangkaran burung cucak rawa saya tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda keberhasilan, maka saya ganti dengan burung jalak bali. Dan Alhamdulillah dalam waktu sekitar enam bulan burung jalak bali tersebut sudah beranak pinak. Dan dalam waktu satu tahunan saya sudah memiliki puluhan anakan burung jalak bali.

Dari situ saya berkeyakinan bahwa dengan ukuran kandang yang sekecil itu, ternyata burung jalak bali bisa berproduksi dengan baik. Kemudian ini saya jadikan sebagai patokan minimal untuk sebuah kandang penangkaran burung jalak bali.


Namun jika ada pembeli saya yang berkonsultasi kepada saya perihal ukuran kandang penangkaran burung jalak bali, saya selalu menyarankan agar dia membuat kandang dengan ukuran yang memadai bagi gerak burung di dalam kandang. Saya selalu menyarankan ukuran kandang dengan spesifikasi seperti ini, lebar depan 1 m panjang ke dalam minimal 2,5 m dan tinggi kandang minimal 2,5 m. Dar mana saa mendapatkan ukuran ini ?


Saya mendapatkan ukuran tersebut berdasarkan penuturan teman saya. Dia bercerita bahwa dia pernah melakukan percobaan dengan membuat ukuran kandang berbagai versi. Dia catat berbagai kombinasi antara lebar depan, panjang ke dalam dan tinggi kandang yang menurutnya paling produktif bagi burung jalak bali. Dari berbagai percobaan ukuran kandang dia menyimpulkan bahwa ukuran tersebutlah yang ideal bagi penangkaran burung jalak bali yaitu 1m x 2,5m x 2,5m

Demikian sedikit informasi tentang ukuran kandang penangkaran burung jalak bali. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa memberi manfaat bagi penangkar pemula dalam memulai usaha penangkarannya.

Saya meyakini bahwa ukuran kandang hanyalah salah satu faktor dari keberhasilan penangkaran. Di luar ukuran kandang ini tentu saja masih banyak faktor lain yang harus diperhatikan, misalnya perawatan burung, kebersihan kandang, asupan gizi burung, kenyamanan suasana sekitar kandag dan lain-lain.

Lebih dari itu faktor anugerah yang di atas adalah segala-galanya bagi keberhasilan penangkaran kita. Walaupun semua faktor sudah kita usahakan untuk kita penuhi dengan kreiteria terbaik sekalipun, namun jika yang di atas belum berkenan maka penangkaran kita juga tidak menghasilakan apa-apa. Dan salah satu cara untuk meminta “perkenanNya” adalah dengan membuat faktor keberhasilan sebaik mungkin, termasuk di dalamnya adalah faktor ukuran kandang. Dan tentu saja do’a yang tak putus-putus juga sangat penting untuk kita lakukan.

Semoga bermanfaat, Aamiinn . . .

jika INGIN memiliki burung jalak bali klik di SINI

Tidak ada komentar: