tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Kamis, 15 Mei 2014

Penangkar Jalak Bali Klaten : Menangkarkan Burung dan Wira Usaha

Oleh : Pak Syam, Penangkar burung Jalak Bali Klaten
Hp. 081280543060, 087877486516, WA. 081280543060, Pin BB. 53E70502, 25D600E9

Banyak sekali saya menerima pertanyaan dari pembaca blog ini tentang prospek menangkar burung jalak bali. Menangkar burung jalak bali itu gampang apa susah sih Om ? Ke depannya prospek burung jalak bali seperti apa Om tolong diterawang ya Om ?

Dua pertanyaan di atas sengaja saya angkat untuk mewakili pertanyaan lain yang mengalir setiap hari kepada saya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut masuk kepada saya melalui sms, bbm atau telepon.

Terhadap pertanyaan-pertanyaan seperti itu saya tidak langsung menjawab. Ooo menangkarkan burung itu gampang kok mas. Prospek bisnis jalak bali bagus, buktinya saya sampai hari ini menerima banyak permintaan burung jalak bali. Saya tidak menjawab dengan jawaban yang instan seperti itu.

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya saya berusaha untuk mengetahui typology si penanya. Saya mencoba untuk mengetahui latar belakang mereka dengan menayakan balik beberapa hal berikut :

1.      Apakah anda menyukai binatang piaraan ?
2.      Apakah anda seorang yang telaten dan ulet atau anda termasuk  tipe orang yang gampang bosan dan mudah putus asa ?

Ini dua pertanyaan dasar yang selalu saya ajukan untuk menscreening mereka. Jika dia bukan orang yang menyukai hewan piaraan kepadanya saya sarankan untuk tidak meneruskan keinginannya untuk menerjuni dunia penangkaran burung. Sebab jika dia tetap berkeinginan untuk menerjuni dunia penangkaran maka penangkaran yang dia jalani hanya didorong oleh motivasi bisnis semata-mata, Menangkarkan burung yang hanya di dasarkan pada motivasi bisnis semata potensial gagal.


Sebaliknya jika dia menyukai binatang piaraan; apakah itu ikan koi, reptile, kucing ataupun burung maka saya katakan kepadanya bahwa anda berpeluang untuk menjadi penangkar burung yang baik. Hobi anda akan membantu anda untuk meraih keberhasilan dalam menangkar.

Apa lagi jika disamping dia hobi memelihara satwa dia juga punya mental yang tidak gampang menyerah, maka lengkaplah sudah persyaratan untuk menjadi penangkar yang sukses.

Saya mengamati banyak peternak burung, dan menemukan pelajaran berharga dari mereka bahwa para penangkar yang berhasil adalah penangkar yang memliki dua cirri tersebut.

Bagi penangkar yang memiliki hobi memelihara burung, jika burungnya gagal berproduksi maka dia santai saja. Jika dia melakukan perawatan terhadap burung maka dia lakukan dengan senang hati. Nah jika dia sudah memiliki sikap seperti ini maka apapun yang terjadi terhadap penangkarannya maka dia tidak terlalu pusing dibuatnya. Apa lagi jika dilengkap dengan jiwa yang tidak gampang menyerah. Maka segala hambatan yang datang dan menghambat perkembangan penangkarannya akan dihadapi dengan santai saja.


Jika mental seperti ini sudah menjadi bagian dari cara berfikitnya maka tidak akan ada rintangan yang mampu menghentikan dia dalam menangkarkan burung tersebut.

Jika dia sudah bermental seperti ini maka bagiamanapun sulitnya menangkar burung. Atau apapun prospek penangkaran burung ke depannya akan bisa dia siasati.

Namun sebaliknya walaupun menangkarkan burung semudah membalik telapak tangan, prospek pemasarannya sangat bagus, akan tetapi jika dia adalah orang yang memang tidak menyukai burung dan dia juga memiliki mental yang gampang putus asa maka jika dia menemukan sedikit saja rintangan dalam menangkarkan burung atau rintangan saat menjual hasil tangkarannya akan membuyarkan penangkarannya.

Menangkarkan burung adalah salah satu bentuk wira usaha. Dalam dunia wira usaha hambatan akan selalu datang. Tantangan akan selalu menghadang. Wira usaha adalah jalan mendaki yang berkelok-kelok. Wira usaha bukan jalan mulus yang lempeng. Maka siapa saja yang melaju di jalan ini harus siap dengan segala rintangan yang bakal menghadangnya.

Jika seorang penangkar burung memahami tabiat jalan ini maka dia harus mempersiapkan mental dengan baik. Karena faktor utama keberhasilan dalam dunia usaha adalah mental yang baik.


Jika seorang penangkar memiliki mental yang baik maka semua upaya menangkarkan burung adalah pekerjaan yag mudah. Jika dia bermental yang baik maka dia juga bisa merekayasa prospek dari yang semula kecil menjadi besar. Dari yang semula sedikit peminat dia ubah menjadi booming.

Jadi sekali lagi faktor utama keberhasilan penangkaran bukan terletak pada gampang atau susahnya menangkarkan burung tersebut, akan tetapi terletak pada kesiapan mental untuk mewujudkan keberhasilannya.

Susah gampangnya memasarkan hasil tangkaran bukan terletak pada besar kecilnya permintaan pasar, namun penangkar yang bermental baikf justru bekerja untuk menciptakan permintaan pasar.

Coba anda bayangkan apa menariknya dari seekor burung love bird. Ingat beberapa waktu yang lalu dia menjadi booming kan ? Menciptakan pasar adalah keahlian yang semestinya kita miliki, bukan malah bertanya bagaimana prospeknya. Yuk energy kita, kita fokuskan untuk menciptakan pasar . . .

selanjutnya klik PROFIL kami ya . . . . . . .


Tidak ada komentar: