tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Senin, 17 Februari 2014

Jalak Bali Klaten : Harga Jalak Bali Mahal ?


Tembok ketiga yang bakal merintangi seorang calon penangkar jalak bali adalah informasi tentang harga jalak bali yang setinggi langit. Benarkah harga jalak bali setinggi langit. Nggak lah ya. Harga jalak bali tidak setinggi langit kok. Paling Cuma setinggi Gunung Kelud di Kediri he he he . . .

Kabar tentang tingginya harga burung jalak bali, itu akibat adanya informasi yang tidak utuh. Yang diketahui oleh sebagian besar pelaku perburungan hanyalah besaran duit yang harus dibayarkan ketika kita ingin memiliki sepasang jalak bali. Jika itu fokusnya maka untuk harga hari ini anakan jalak bali yang sudah bisa makan voor kering sekitar 10 juta sepasang. Terjangkau kan ?
Kalau angka itu dianggap tinggi, mungkin karena hanya melihat perbandingan antara burung jalak bali dengan lembaran rupiah yang harus ditukarkannya. Maka harga burung jalak bali jadi kelihatan mahal. Coba kalau seorang calon penangkar jalak bali meneliti lebih detail tentang keberadaan burung jalak bali di alam, tentang upaya penangkaran diberbagai lembaga bergengsi milik pemerintah yang sering gagal, perhatian lembaga perdaganan burung dunia ( CITES ) yang tinggi, prospek ekonomi penangkarannya dan lain-lain maka nominal yang harus dibayarkan untuk sepasang burung jalak bali menjadi relative rendah.
Jadi tinggi rendahnya harga jalak bali ini bukan sekedar persoalan nominal yang dibayarkan terlalu tinggi, akan tetapi soal rasa dan keutuhan informasi mengenai jalak bali dan prospek ekonominya. Jika sudut pandang kita lengkap maka harga jalak bali relative rendah. Hanya 10 juta sudah dapat satu pasang kok. Bahkan kadang jika anda beruntung harga tersebut masih bisa dinego.
Bahkan mengingat keberadaannya di alam yang sudah menipis, kekhasan sebagai burung asli Indonesia yang telah mendunia, keeksotican tampilannya maka jika ada yang salah persepsi dikiranya jalak bali ini berharga ratusan juta rupiah pantaslah ya ?
Tapi setelah mengetahui dengan detail ternyata di pasaran harga burung jalak bali yang sangat cantik ini masih sangat tejangkau. Harga anakan 10 juta sepasang lengkap dengan sertifikatnya. Yang umur satu tahun kisaran 16-17  juta. Yang sudah berjodoh dan siap berproduksi harganya dua puluh lima juta rupiah. Jadi terjangkau kan ?

Tidak ada komentar: