tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Jumat, 06 Desember 2013

Penangkar Jalak Bali Klaten : Ngomong-Ngomong tentang Jalak Bali (bag. 2)


Di alam populasi Jalak Bali mengalami fluktuasi sangat tajam. Dalam rentang waktu 1974-1984 jumlah mereka berkisar 68-254 ekor.
Setelah mengalami jumlah yang lumayan banyak, kemudian mengalami penurunan drastis hingga di tahun 2005 konon jumlahnya dapat dihitung dengan jari yaitu sekitar 4-6 ekor, namun sampai tahun 2011 kemarin sudah berkembang menjadi 39 ekor.

Sedangkan dari hasil penangkaran di TNBB menghasilkan burung dalam jumlah lumayan banyak yaitu 145 ekor. Burung hasil penangkaran itu secara bertahap juga dilepas ke alam bebas.

Asosiasi Pelestari Curik Bali (APCB) memberikan bantuan 60 ekor burung jalak bali ( 30 pasang ) kepada 12 kelompok penangkaran di Desa Sumberkelampok, yang wilayahnya berbatasan dengan TNBB. Keseluruhan burung bantuan tersebut merupakan hasil pengembangbiakan para penangkar di wilayah Klaten, Jawa Tengah dan Bogor, Jawa Barat.
 
Melihat kondisinya di alam, maka dipandang perlu adanya suatu upaya nyata konstruktif yang bertujuan memulihkan kembali populasi yang makin terpuruk tersebut. Melihat fakta perkembangbiakan dalam penangkaran yang lebih cepat dibanding dengan perkembangbiakan alami, maka dipandang perlu untuk memberikan perhatian lebih pada sector ini (penangkaran).

Maka rasanya sudah mendesak bagi pemerintah agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
-  
1  1. Agar penangkaran Jalak Bali lebih banyak melibatkan para penangkar professional, dan bukan sekedar mengandal penangkaran di pusat-pusat penangkaran yang dimiliki Kemenhud semata. Ini penting karena melihat keberhasilan beberapa penangkar professional di wilayah Klaten Jawa Tengah atau Bogor Jawa Barat. 

-  2. Pihak Kemenhud dalam hal ini BKSDA memberikan jalan yang makin lapang bagi para penangkar dengan memfasilitasi para penangkar dengan berbagai pengaetahuan dan keterampilan menangkar Jalak Bali, baik melalui seminar, pelatihan, debirokratisasi perijinan, sertifikasi burung maupun pemberian SATHDN.

-         Perbanyakan jenis satwa liar melalui penangkaran kiranya perlu diikuti dengan jenis-jenis satwa liar lainnya yang dapat menjaga kelestarian serta menghindari kepunahan.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh minta alamat lengkap dan contact yg bisa dihubungi..?