tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Kamis, 09 Juli 2015

AHA Breeding Klaten Penangkar Burung Jalak Bali, Menyediakan Bibit Burung Jalak Bali Bersertifikat Bagi Calon Penangkar



Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah dikenal sebagai daerah sentra penangkar burung. Berbagai spesies burung berhasil ditangkarkan oleh penghobi di daerah tersebut. Sebut saja burung cucak rawa, murai batu, kenari, love bird, jalak suren, jalak putih dan jalak bali. Semua spesies ini sudah bisa ditangkarkan dengan baik.

Mungkin dari sederetan spesies burung di atas yang cukup eksklusif adalah burung jalak bali. Benarkah burung jalak bali juga sudah berhasil di tangkarkan oleh para penghobi di Kabupaten Klaten ? Bukankah proyek penangkaran pemerintah (di Taman Nasional Bali Barat ) saja mengalami kegagalan ? 

Iya benar, burung jalak bali yang langka dan berstatus hampir punah ini telah berhasil dikembangbiakkan oleh penghobi di Kabupaten Klaten. Salah satu penghobi yang telah berhasil menangkarkan adalah pak Syam. Melalui bendera UD AHA Breeding Klaten, pak Syam sudah menghasilkan ratusan trotolan burung jalak bali. Hasil produksinya tidak sekedar tersebar di berbagai kota di Pulau jawa namun telah merambah Kepulauan Nusantara lainnya mulai dari Sumatera, Sulawesi, Nusatenggara dan Bali. Sampai saat ini masih melayani permintaan dari berbagai daerah lain di Indonesia. Beberapa waktu lalu bahkan ada penghobi burung hias dari RRC yang akan membeli, namun kepentok regulasi pemerintah, di mana burung jalak bali tidak boleh di ekspor ke negara lain.


 UD AHA Breeding Klaten, sebagai lembaga yang menangani penangkaran burung jalak bali, memiliki komitmen untuk terus menjaga kelestarian burung cantik ini, agar terhindar dari kepunahan. Komitmen ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan istimewa kepada para konsumennya terutama jika konsumennya adalah calon penangkar burung jalak bali. Yaitu konsumen yang membeli burung jalak bali dengan tujuan untuk ditangkarkan.

Komitmen yang dilakukan oleh UD AHA Breeding Klaten kepada para konsumennya ini berupa : pemilihan bibit yang sudah berjodoh dan bersertifikat resmi dari Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, pemberian konsultasi gratis tentang pakan, perawatan, pembuatan kandang, cara merawat piyik dan trotolan sampai dewasa. Pendeknya UD AHA Breeding Klaten berkomitmen untuk menularkan ilmu dan pengalamannya kepada siapa saja yang berminat menjadi penangkar burung jalak bali. 

Komitmen ini diberikan oleh UD AHA Breeding Klaten sebagai bentuk “balas dendam” yang positif di mana diawal pengembangan penangkarannya UD AHA Breeding Klaten pernah mengalami gelapnya rimba penangkaran burung langka ini. Karena waktu itu jumlah penangkar burung jalak bali masih sangat sedikit, dan di antara sedikit penangkar tersebut tidak semuanya bersedia untuk berbagi pengetahuan menangkar dan membeberkan pengalamannya.


Gelapnya belantara penangkaran burung eksotik ini tidak boleh terulang. Jika kita ingin burung jalak bali musnah dari bumi Nusantara yang berarti juga musnah dari muka bumi ( jalak bali adalah nutfah asli Indonesia) kita harus menggalakkan penangkaran burung jalak bali seluas-luasnya. Semua fihak harus terlibat. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan harus memberikan dukungan berupa bimbingan teknis penangkaran dan penangkar harus berbagi ilmu dan pengalaman menangkarnya kepada masyarakat seluas-luasnya.


Jika semua fihak yang terlibat dalam penangkaran burung jalak bali berpera secara aktif sesuai porsinya maka, insya Allah perkembangan burung jalak bali akan membanggakan. Sebaliknya jika semua stake holder yang terlibat tidak mau tahu dengan menipisnya burung jalak bali ini, jangan harap anak cucu kita kelak akan bisa melihat penampakan burung jalak bali yang cantik ini. Mungkin kelak mereka hanya akan mendengar ceritanya saja atau hanya sekedar melihat gambarnya saja.

lebih detail tentang AHA Breeding Klaten bisa klik . . . . . . DI SINI

Pak Syam
Pimpinan UD AHA Breeding Klaten
HP / WA 081280543060





 

Tidak ada komentar: