tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Rabu, 10 September 2014

Penangkar Burung Jalak Bali Klaten : Cerita Soal Haji versi Tukang Burung

Oleh : Pak Syam, Penangkar burung Jalak Bali Klaten
Hp. 081280543060, 087877486516, WA. 081280543060, Pin BB. 53E70502, 25D600E9


( Seri Tukang Burung Ingin Naik Haji bag. 4 )

oke kita lanjutkan lagi ya . . .Sampai dimana kemarin. Ooo . .sampai ke tempat-tempat mustajab untuk berdoa. Iya to ? Kemarin sudah saya sebutkan dua tempat mustajab yaitu Multazam dan Hijr Ismail. Sekarang kita lanjutkan ke tiga tempat mustajab lainnya. oke siaaappp . . .

3.      Hajar Aswad

Siapa yang tak pernah mendengar Hajar Aswad ? Konon menurut para kasepuhan Hajar Aswad merupakan batu terakhir pemberian malaikat Jibril yang kemudian diletakkan oleh Nabi Ibrahim untuk menyelesaikan pembangunan Ka'bah. Hajar Aswad terletak di sebelah kiri pintu Ka'bah. Berdoa sembari mencium Hajar Aswad merupakan doa yang sangat mustajab untuk dikabulkan. Konon, pada awalnya batu ini berwarna putih bersih. Namun, akibat banyaknya umat muslim yang menyentuhnya maka ia berubah menjadi hitam.

Hajar Aswad pernah dicuri dan jatuh hingga pecah berkeping-keping. Oleh karena itu, Hajar Aswad yang saat ini tertanam di Ka'bah bukanlah sepenuhnya merupakan Hajar Aswad. Hanya beberapa titik batuan yang mengandung Hajar Aswad karena ia sudah dicampur dengan batuan lain. Oleh karena itu ada pesan agar kita mencermati sebelum menciumnya. Pastikan bahwa ia benar-benar Hajar Aswad, bukan batuan lain.

4.     Rukun Yamani

Kata para kasepuhan, dalam sebuah hadits Rasulullah pernah menyampaikan bahwa "Ada 70 malaikat yang memegang rukun Yamani. Barangsiapa berdoa, 'Ya Allah, berilah aku ampunan dan kesehatan di dalam agama, dunia, dan akhirat. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkanlah diri kami dari siksa api neraka' maka 70 malaikat tersebut akan berkata, 'Amin, kabulkanlah doanya'." (HR. Ibnu Majah).

Weleh . . .weleh iniyang dinamakan doa sapu jagat itu. Doa inilah yang dibaca ketika muslim sedang melakukan tawaf di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad.
Rukun Yamani itu sendiri merupakan sudut  sebelum seorang jamaah haji mencapai Hajar Aswad pas dia sedang melakukan tawaf.


5.     Raudhah

Raudhah artinya 'taman'. Raudhoh terletak di Madinah, tepatnya di dalam Masjid Nabawi. Raudhah merupakan sebuah area kecil yang terletak di antara mimbar imam Masjid Nabawi dengan makam Nabi Muhammad saw, Abu Bakar As siddiq, dan Umar bin Khatab.

Di dalam raudhah, jamaah haji sebaiknya melaksanakan shalat sunnat empat rakaat kemudian berdoa. Konon saat ini untuk jemaat laki-laki, raudhah dibuka 24 jam sehingga melaksanakan saat shalat wajib berjamaah pun jamaah dapat melakukannya di sini. Sedangkan untuk jamaah perempuan hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu (ba'da shalat subuh-pukul 11.00, ba'da dzuhur-masuk shalat ashar, ba'da isya-pukul 00.00).

Nah itu tadi lima tempat mustajab untuk berdoa yang terletak di kota suci yang sangat dirindukan oleh kaum muslimin seluruh dunia. Semoga kita semua kelak diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mencurahkan doa-kita sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya. Amin.

Kembali ke soal haji. Selama menjalankan prosesi haji biasanya berjuta harapan ditaburkan para jamaah. Berjuta doa panjatkan, berjuta keinginan disampaikan. Ada yang meminta keluasan rizki, pangkat yang tinggi, meminta diberi keturunan karena sudah bertahun-tahun menikah namun belum dikarunia anak, ada yang minta diberi kesehatan dan kesembuhan atas penyakit yang dideritanya, yang jomblo minta jodoh dan lain-lain.

Dan untuk para tukang burung kayak kita ini jangan lupa meminta agar diberikan penangkaran burung yang produktif, indukannya banyak, anakanannya banyak, penjualannya gampang. Duit hasil penjualan burungnya berkah, bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Dan yang lebih penting lagi setelah kita diberi penangkaran yang besar, yang produktif dan yang berkah, semua hasil dari penangkaran itu bisa jadi wasilah kita untuk menjadi muslim yang lebih sholih sehingga hasil penangkarannya bisa menjadi wasilah (sarana) yang mengantarkan kita masuk surga. Aamiin . . .manteb to. Insya Allah diijabah.


Berkaitan dengan doa yang kita panjatkan, Al-Qur’an mengingatkan bahwa hendaknya jangan sampai doa-doa kita, keinginan-keinginan dan harapan kita jangan sampai hanya terbatas pada persoalan dunia. Mintalah sebanyak-banyaknya indukan jalak bali, indukan jalak putih, indukan cucakrawa dan indukan murai batu namun juga mintalah keberkahannya. Sekaligus meminta agar seluruh perolehan dari doa kita tersebut bisa memberikan berkah kepada keluarga, masyarakat, memberi ketenteraman hidup, sekaligus bisa menjadi bekal kita untuk masuk surga. Begitu ya . . .



Juga saat kita berdoa agar diberi umur panjang, diberi anak, diberi jabatan yang tinggi, kesehatan dan sebagainya jangan lupa sekaligus juga meminta untuk diberi keberkahannya. Allah berfirman : “Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami (kebaikan) di dunia”, tetapi tidak ada bagian untuknya di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka” (QS al-Baqarah: 200-201)

Islam itu ajarannya manteb to. Ajarannya sungguh indah dan menyenangkan bagi kita para pemeluknya ini. Sangat jelas kita sama sekali tidak dilarang untuk menggapai simbul-simbul kejayaan dunia; harta,tahta dan wanita sebagai bagian dari kumpulan kebaikan di dunia (fidun-ya hasanah ). Yang dilarang jika kita hanya terpaku pada obsesi duniawi yang semata yang pada hakikatnya hanya bersifat jangka pendek semata dan melupakan akhirat.

Lagi pula jelek banget jika kita hanya memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Memberi kok hanya meminta urusan dunia saja. Misalnya hanya minta diberi pabrik es krim yang besar, minta diberi warung soto yang laris, minta diberi mobil yang banyak, minta diberi penangkaran burung yang besar saja. Iya to . . .?

Kesempatan berhaji dan berdoa di tanah suci semestinya digunakan sebaik-baiknya untuk meminta kepada Allah SWT sebanyak-banyaknya baik yang bersifat duniawi maupun bersifat ukhrowi. Mintalah duit, jabatan dan istri yang sholihah satu paket dengan permintan untuk mendapatkan berkah, dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari siksa api neraka.  Itu namanya tukang burung yang excellent alias super sekali . . .

bersambung . . . .maning . . . .

mampir ke penangkaran pak Syam . . .  ? . . .klik aja di SINI


Pusat penangkaran burung jalak bali "AHA Breeding Klaten" telah berhasil menangkarkan burung jalak bali dan merawat anakan burung jalak bali hingga dewasa, hingga turut berperan dalam menyokong program pemerintah dalam mencegah kepunahan burung jalak bali tersebut. Di samping telah menghindarkan dari kepunahannya budi daya burung jalak bali ini juga sangat bermanfaat secara ekonomi.  "AHA Breeding Klaten" telah banyak menjual burung jalak bali hasil tangkarannya kepada para kicau mania yang hobi burung jalak bali maupun penangkar burung jalak bali. 

Para peminat burung jalak bali bisa menghubungi owner penangkaran "AHA Breeding Klaten" yaitu pak Syam Hp. 087877486516, pin BB 25D600E9

2 komentar:

johan setiawan mengatakan...

Selamat Pak syamsul Hadi, cukup menginspirasi, semoga saya bisa segera menyusul.

Johan Setiawan

samsul hadi mengatakan...

Terima kasih pak Johan, semoga pak Johan diberi kelancaran dalam setiap aktivitasnya. Termasuk dalam planning hajinya. Aaminn . . .