tulisan berjalan

Kontak Pak Syam WA 081280543060

Senin, 21 Juli 2014

Penangkar Burung Jalak Bali Klaten : Merintis Penangkaran Burung Yang Produktif

Oleh : Pak Syam, Penangkar burung Jalak Bali Klaten
Hp. 081280543060, 087877486516, WA. 081280543060, Pin BB. 53E70502, 25D600E9


Seri Ramadhan, session 13


!! menangkar jalak bali !! merawat jalak bali !! menjual jalak bali !! budi daya jalak bali !!

Saat ini kegiatan menangkar burung, sudah menjadi alternative pilihan wirausaha yang menguntungkan. Salah satunya menangkar burung jalak bali. Jika nasib kita sedang bagus, maka dalam waktu singkat kita bisa menikmati hasilnya dengan mesam-mesem. Itu jika nasib kita lagi bagus. Kalau lagi kurang bagus ?


Kalau lagi nasib kurang bagus ya kadang kita justru sering manyun. Bahkan ada penangkar yang sudah bertahun-tahun menangani penangkaran burung, namun bukannya malah menjadi murah senyum tapi malah jadi tambah galak. Kenapa ? Ya karena burungnya tak jua mau berproduksi.

Ngomong-ngomong tentang nasib bagus dalam penangkaran burung, pada dasarnya dia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti; bibit burung yang baik, kandang yang memadai, kesungguhan dalam perawatan burung, pengetahuan yang memadahi tentang ilmu perburungan wabil khusus teknik penangkaran burung, relasi dalam komunitas perburungan dan “jatah” rejeki kita.

Mengejar nasib bagus dalam penangkaran burung pada dasarnya adalah upaya untuk mengumpulkan faktor-faktor keberhasilan sebagaimana saya sebutkan di atas.


Bibit burung yang akan kita tangkarkan pilihlah burung yang sehat, tidak cacat, tidak terlalu giras dan upayakan merupakan burung hasil tangkaran lokal. Jika bibitnya berasal dari hutan atau bibitnya merupakan burung impor, biasanya burung jenis ini membutuhkan adaptasi yang lebih lama. Hal ini berbeda dengan burung hasil tangkaran penangkar lokal, dia tidak memerlukan adaptasi yang lama. Sehingga adaptasinya juga lebih gampang.

Khusus untuk penangkaran burung jalak bali dalam mencari bibit tersebut ada tambahan lagi yaitu tempat pembelian bibit, dimana kita harus membeli bibit jalak bali yang berasal dari penangkar yang memiliki ijin resmi. Syukur-syukur jika membelinya langsung ke penangkarnya. Trus tambahan berikutnya, bibit burung jalak bali yang akan ditangkar harus merupakan burung resmi bukan burung yang berstatus illegal. Burung resmi di tandai dengan adanya sertifikat atas burung tersebut

Setelah kita mendapatkan bibit burung yang bagus langkah selanjutnya adalah mengelola kandang sedemikian rupa sampai burung merasa benar-benar nyaman dalam kandang tersebut. Karena itu buatlah kandang yang berukuran cukup; tidak terlalu sempit juga tidak kegedean, suhu kandang dijaga jangan sampai burung merasa kepanasan. Kalau perlu taruhlah pohon di dalam kandang, tambahkan pancuran air agar burung merasa homy sampai dia merasakan seakan-akan dia hidup di alam beneran.

Saya ulang lagi ya, jika kita sudah mendapatkan bibit yang bagus kemudian kandang sudah kita setting seapik mungkin, maka selanjutnya kita bisa berharap mudah-mudahan Allah berkenan memberikan trotolan kepada kita. Ingat jangan putus-putus untuk berdoa meminta kepada Allah karena kata para kasepuhan Allah sudah berjanji dalam kitab sucinya “ud’uni astajib lakum” yang artinya memintalah kepadaku maka kamu akan aku beri.
Nah untuk menunjang agar permintaan kita tersebut segera dipenuhi oleh Allah maka kita perlu melakukan beberapa hal sebagai penunjang keberhasilan penangkaran yang akan saya bahas berikut ini.


Konsekwensi atas keinginan kita agar segera dipenuhi oleh Allah maka kita sebagai breeder harus bersungguh-sungguh dalam mengelola penangkaran tersebut. Kita tidak boleh asal-asalan dalam mengelola penangkran. Misalnya dengan  memberi pakan burung seadanya, air minum dan tempat mandinya jarang diganti, kandangnya dibiarkan kotor dan lain-lain. Tapi sebaliknya kita harus bersungguh-sungguh dalam mengelola kandang penangkaran.

Di samping kesungguhan dalam mengurus kandang penting juga buat kita untuk mengetahui ilmu tentang penangkaran. Misalnya pada usia berapa burung berproduksi, makanan apa yang cocok jika burung sudah mendekati masa produksi, apa bahan sarang yang disukai burung tersebut, posisi sarang yang disukai kira-kira disebelah mana dan lain-lain. Pengetahuan seputar penangkaran ini penting untuk kita miliki untuk mendukung keberhasilan penangkaran kita.

Terus faktor berikutnya adalah menjalin relasi dengan komunitas perburungan wabil khusus komunitas penangkar. Minimal kita punya kenalan sesama penangkar. Untuk itu carilah kenalan seorang penangkar yang kelak kita jadikan sebagai teman ngobrol seputar penangkaran burung.


Teman ngobrol ini memiliki peran yang penting dalam menunjang keberhasilan penangkaran kita. Sebagaimana pengalaman menangkar yang saya alami sendiri, kegiatan penangkaran itu jalannya berliku-liku. Maksudnya sebelum kita berhasil menjadi  penangkar yang sukses, kita akan dihadapkan pada banyak kendala. Nah saat kita menghadapi kendala inilah kita membutuhkan teman untuk bertanya tentang apa solusi terbaik atas persoalan ini.

Dari pengalaman saya seringkali solusi itu saya dapatkan dari penangkar lain. Karena itu masukilah komunitas sesama penangkar, jika tidak ada komunitas di tempat kita maka minimal miliki teman penangkar. Kalau terpaksa juga karena di daerah kita belum ada penangkar, jadikanlah penangkar tempat kita membeli bibit penangkaran kita sebagai teman yang kelak kita jadikan tempat untuk berkonsultasi. Begitu . . .


Faktor berikutnya adalah faktor rejeki. Berkaitan dengan faktor rejeki ini kita hanya bisa berdoa semoga Allah memberikan rejeki terbaik dari kandang penangkaran kita.

Faktor rejeki ini juga berfungsi untuk mengingatkan kita bahwa segala sesuatu dalam hidup kita ini ada yang mengatur. Sebagai contoh, saya memiliki teman yang menangkarkan burung jalak bali namun penangkaran jalak balinya belum juga memberikan income kepada dirinya. Dia memiliki sepuluh pasang indukan burung jalak bali, sudah bertahun-tahun dia pelihara. Usia burung-burungnya juga sudah memasuki usia produksi.

Inilah yang saya maksudkan sebagai faktor rejeki. Jika Allah belum berkehendak untuk memberikan rejekinya maka kita juga belum memperoleh rejeki. Dengan kisah ini maka kita menjadi semakin yakin bahwa rejeki itu memang ada yang mengatur.

Pusat penangkaran burung jalak bali "AHA Breeding Klaten" telah berhasil menangkarkan burung jalak bali dan merawat anakan burung jalak bali hingga dewasa, hingga turut berperan dalam menyokong program pemerintah dalam mencegah kepunahan burung jalak bali tersebut. Di samping telah menghindarkan dari kepunahannya budi daya burung jalak bali ini juga sangat bermanfaat secara ekonomi.  "AHA Breeding Klaten" telah banyak menjual burung jalak bali hasil tangkarannya kepada para kicau mania yang hobi burung jalak bali maupun penangkar burung jalak bali. 

Para peminat burung jalak bali bisa menghubungi owner penangkaran "AHA Breeding Klaten" yaitu pak Syam Hp. 087877486516, pin BB 25D600E9

!! menangkar jalak bali !! merawat jalak bali !! menjual jalak bali !! budi daya jalak bali !!

Tidak ada komentar: